BSD oh…BSD…..

+———————-+
|instalasi Desktop-BSD1|
+———————-+

kemaren gw nyobain nginstall DesktopBSD1 yang berbasis FreeBSD Release 5.5
dengan segala dan upaya yang akhirnya berakhir dengan bahagia xexexe….

sebelumnya dalam ‘box’ gw udah ada 3 sIs0p :
-winXP Profesional bajakan yang dibajak oleh pembajak profesional juga ;D..
-GNU/Linux Fedora Core 5
-GNU/Linux kuliax 6.0
dan akhirnya pada hari ini gw mutusin buat nanem 1 buah sisop lagi dan gw putusin sisop itu adalah:
-DesktopBSD1
yang gw dapet dari temen gw yang lagi bagi” Distro kmaren…(thanx brow..)

setelah gw mulai coba install tuh BSD ternyata prosesnya sangat sederhana
kalo di bandingin ma distro2 yang ada sekarang. tahapannya kurang lebih :
1. milih bahasa
2. milih bootloader (ati-ati di sini)
3. milih partisi hardisk buat nginstall
4. mulai Installasi
5. finish

dari tahap yang ‘cuma kaya gini’ mungkin kita ga kbingungan tapi ada sedikit perlakuan yang gw bikin yaitu saat milih bootloader gw tempatin di partisi di mana gw nginstall DesktopBSD1 pikiran gw saat itu BSD tuh sama persis sama linux so bootloadernya nanti bisa gw atur setelah BSDnya masuk lewat linux.
ternyata eh ternyata setelah itu BSD terinstall dan gw klik finish trus gw masuk kelinux gw gagal ngeMOUNT partisi BSDnya, selidik punya selidik ternyata File system BSD ternyata ga bisa dibaca dengan mudah di Linux setelah dengan segala usaha ngeMOUNT dan tetap gagal juga gw liat #man mount walhasil gw tambah bingung coz yang ada di manual pagenya gw ga bisa implementasiin
akhirnya gw kewarnet temen dan dengan bantuan mBah g00gle ketemu beberapa referensi di forum http://www.DISTROWATCH.com langsung gw save ke flashdisk gw dan akhirnya jglekk… listrik di warnet mati!!! setelah ngobrol puanjang banget ma tmen gw itu gw balik dan nglanjutin xperimen gw tadi.
setlah gw baca ulang yang gw save tadi di warnet gw nmuin beberapa kenyataan yang mau ga mau harus gw trima kalo bukan hanya filesystem aja yang beda antara linux dan BSD definisi device juga laen lagi [ALAMAKK..] akhirnya gw masuk ke single user mode lewat dvd instalasinya dan gw mulai knalan ma devicenya, dan setelah mengalami saat-saat yang berat gw bisa nemuin dimanakah gerangan loadernya berada ( loader kaya kernel di linux buat booting). sedikit ngenalin kalo di linux dikenal hda,hdb..dsb d BSD make ad0s1,ad1s1…dsb dan akhirnya dengan mengerahkan sekuat tenaga gw ngedit konfigurasi grub gw dan akhirnya…..jreng…jreng…jreng… DesktopBSD1 pun dapat di boot dengan tenang xexexe……

sedikit informasi, ini grub.conf yang gw edit dengan asumsi /boot gw di ad0s4 pada bsd dan hdb4 pada linux. pada /boot/grub/grub.conf gw tambahin

##bootnya BSD
freeBSD
root (0,3,a)
kernel /boot/loader

sekian dlu cape ngteeknya hehehe…

Greetz for
-Utian AZOE/BZ & linux cornernya [thx buat DesktopBSD1 & ngenet gratisnya]
-semua yang mau migrasi ke BSD atow GNU/Linux
-semua yang udah posting dokumentasinya

Tinggalkan Balasan

