Memaksimalkan VGA card SiS seri 300

Sekilas pandang
Trik kecil ini tidak direkomendasikan buat advance user, karena hanya merupakan jalan pintas untuk pengguna kartu grafis onboard SIS yang memiliki pengetahuan linux sekedarnya seperti saya. Untuk advance user dapat menggunakan artikel yang di tulis Thomas Winischhofer di http://www.winischhofer.net. SIS adalah salah satu produsen kartu grafis yang “TIDAK” mendukung sistem operasi Linux sebagai OS-nya. Apabila selama ini anda merasa kartu grafis ini dapat digunakan pada linux hal ini adalah karena hasil kerja keras pada user-user linux yang tidak dapat saya sebutkan nama-namanya. Namun satu hal yang paling mencolok adalah hasil kerja Thomas Winischhofer (http://www.winischhofer.net) yang membuat 3d aselerator kartu grafis ini dapat benar-benar dimaksimalkan di sistem operasi Linux.

Kenapa Sis?
Alasan utama saya membuat trik kecil ini, karena saya sebagai pengguna kartu grafis ini (pc yg saya gunakan adalah ECS K7SEM yg menggunakan SIS 630 sebagai VGA Onboardnya) merasa kecewa dengan tidak dapatnya mengoperasikan games-games linux yg rata-rata menggunakan OpenGL sebagai syarat utamanya.

Kenapa VectorLinux Soho 5?
VectorLinux Soho 5 adalah distro Linux yang menurut saya cukup ringan untuk digunakan, dengan beberapa kelebihan yang saya butuhkan dibanding distro-distro kelas ringan lainnya seperti PuppyLinux, DamnSmallLinux, Knoppix dan beberapa distro lainnya (this ini my own opinion, you can use whathever distro you want, just don’t comment why i use this distro). Namun tidak menutup kemungkinan trik ini dapat digunakan pada distro lainnya (just try this trick for other distro and give me your opinion)

Howto
Pada saat anda pertama kali menginstall VL (VectorLinux Soho 5) anda, pastikan anda memilih Normal untuk tampilan Lilo anda, bukan 640×480, 800×600, dst. (hanya untuk Lilo, bukan untuk tampilan X anda). Anda juga dapat menjadikan tampilan Lilo anda setelah proses instalasi.

Setelah proses installasi selesai, masuklah sebagai root, edit file Xorg.conf (/etc/X11/xorg.conf) anda menggunakan Vi atau Mc dan tambahkan perintah berikut di Section “Device”

1. “MaxXFBMem” Masukkan perintah ini untuk menentukan berapa banyak memory VGA anda yang akan digunakan oleh X.
a. Masukkan “8291” apabila memory share yang anda gunakan maksimal 16Mb
b. Masukkan “12288” apabila memory share yang anda gunakan 16Mb keatas
Contoh penggunaan: Option “MaxXFBMem” “8291”

2. “AGPSize” Masukkan perintah ini untuk memastikan berapa besar memory anda yang digunakan untuk AGP anda. Perintah ini tidak harus di gunakan, hanya perlu ditambahkan apabila perintah no (1) terasa kurang buat anda. (game Warzone 2100 salah satu game yang memerlukan tambahan perintah ini untuk dapat beroperasi)
Contoh penggunaan: Option “AGPSize” “32”

Gunakan ScreenSaver “SolarWind (GL)” untuk mencoba sukses tidaknya cara ini, apabila screensaver ini berjalan normal (tidak lag) berarti 3d aselerasi VGA sis anda telah dapat digunakan.

Contoh text Xorg.conf setelah di edit:
Section “Device”
Identifier “Card0”
Driver “sis” ## DEVICE_DRIVER
VendorName “Silicon Integrated Systems [SiS]” ## DEVICE_VENDOR
BoardName “SiS630 GUI Accelerator+3D” ## DEVICE_BOARD

# Option “swcursor” “true” ## DEVICE_SWCURSOR
Option “MaxXFBMem” “8291”
Option “AGPSize” “32”
BusID “PCI:1:0:0” ## DEVICE_BUSID

EndSection

Problem Known
VectorLinux Soho telah memasukkan driver dari Thomas didalam distronya, hanya download driver Thomas ini apabila howto ini gagal total. Driver dapat didownload di http://www.winischhofer.net

Dalam beberapa kasus, 3d aselerasi gagal digunakan apabila anda merubah tampilan Lilo anda setelah installasi selesai (vectorlinux telah digunakan sebelumnya) untuk mengatasinya install ulang VectorLinux anda. Pastikan memilih Normal untuk tampilan Lilo anda (bukan setelah installasi selesai). Ssaya tidak tahu pasti mengapa hal ini bisa terjadi, namun hal ini juga pernah terjadi pada saya, dan satu- satunya cara yang berhasil untuk mengatasinya adalah melakukan install ulang VectorLinux šŸ˜›

Maksimal share memory yang digunakan adalah 32Mb.

Kasus lainnya adalah beberapa game hanya sukses digunakan apabila anda menggunakan 24bit/32bit untuk jumlah warna VGA anda.

Catatan
Trik ini hanya dapat digunakan untuk Sis 300 Series (300, 540, 630, 730) only.
Tidak semua game/aplikasi opengl dapat dijalankan dengan cara ini, sebagai catatan anda OpenGL yang digunakan oleh VGA ini adalah OpenGL versi 1.2.

Game-game OpenGL yang sukses dijalankan
UFO Alien Invasion
Quake 2
Paintball 2
Warzone 2100
Ragnarok (cukup lancar, hanya saja terlalu banyak glitch (layar berkedip))
Glest (bisa digunakan hanya saja sangat lag, karena game ini membutuhkan OpenGL 1.3 keatas)
Beberapa program OpenGL dan game OpenGL lainnya.

Selamat Mencoba

Credit
VL Soho Team (to make this happen)
Kocil (to make Indonesian people merasa bangga karena sbg Chief di VL Soho)
Thomas Winischhofer (to make sis available for linux)
Me ? (ga perlu lah, gw cuma user sebagaimana layaknya anda)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s