Zenwalk [akhirnya jalan juga]

Setelah sekian lama makai linux 2hari yang lal akhirnya pengen nyoba salah satu distro dengan basis slackware, sebuah distro yang terkenal akan keribetannya Namun stabil. setelah milih2 dan karena ga nemu yang laen gw menambatkan hati pada Zenwalk 4.4.1 sbenernya pengen nyoba vector linux tapi apa daya coz ngga ada yang dah di CD-in masi berbentk ISO males pla bakarny….hehehe

sebelumnya dalam mesin gw dah ada FC4, Blankon SDK 1, Kuliax 6.0 di hdb, dan winduzXp bajakan di hda. selanjutnya gw install Zenwalk ke /dev/hdb2 proses instalasinya mirip ma slackware tapi sedikit lebih simple, setelah pengcopy-an paket pada saat mesin meminta ntk nginstal LILO gw pilih skip installation. nah masalah berawal dari sini… setelah semwa beres. gw edit GRUB di /dev/hdb1 gw disana gw tambahin::

#############begin tambahan##########
title Zenwalk 4.4.1
root (hd0,1) #gw install di /dev/hdb2
kernel /boot/vmlinuz #sebenernya pilihannya ada 2 yaitu vmlinuz && vmlinuz-2.6.20 jadi optional aja
initrd /boot/initrd.splash
save default
boot
#############Eof##################

dan setelah gw reboot && coba mask ke zenwalk muncul pesan “kernel panic!! bla…bla…” plus lampu di kibort gw kedip2 hehehe…..
setelah gw ngobrak ngabrik internet dan akhirnya ga dapet jg gw akhirnya mlai Xperiment 😉 gw coba boot lewat console-nya GRUB dan setelah 2 kali gagal dan yang ketiga berhasil dengan nambahin opsi kernelnya “ramdisk_size=100000” dibelakang “vmlinuz” setelah berhasil gw edit lagi “grub.conf” di “/dev/hdb1/grub/grub.conf” jadi seperti ini ::

#############begin tambahan##########
title Zenwalk 4.4.1
root (hd0,1)
kernel /boot/vmlinuz ramdisk_size=100000
initrd /boot/initrd.splash
save default
boot
#############Eof##################

akhirnya bisa masuk juga dari grub dengan normal…hehehe 😉

Tinggalkan Balasan

