vectorLinux-5.8-std

hari-1

Beberapa minggu terakhir ini gw terangsang untuk mencoba vectorLinux, terbujuk dengan iming-iming stabilitas system do’i, trus kayanya banyak artikel yang ngasi support ke dia. dan akhirnya gw dapet juga vectorLinux-5.8-std hasil download dari warnet langsung gw burn saat itu juga setelah gw check md5sum-nya. dan akhirnya ditengah-tengah minggu UTS setelah gw nyampe d kosan gw coba install tuh vector linux ke mesin Celeron 2.13 (northbridge), 512 DDR333, SiS 330 xabre 😦 onboard, hd 2* 40GB yang beberapa hari ini mengalami masalah [mungkin batere CMOS nya dah mo habis]. dan setelah beberapa kali mencoba ngefixin tuh mesin gw langsung boot ulang CD vectorLinux-5.8-std dari dvdRom LG gw dan mulailah instalasi itu… proses instalasinya ngga jauh beda dengan zenwalk yang kmaren bru gw masukin, juga ngga kalah rumit dari moyangnya slackware yang pernah gagal gw instal 2x hehehe :D. setelah pemilihan komponen yang harus gw pilih untuk gw install, prosesnya pun dimulai cepet sih saat instalasinya. namun waktu nginstall paket optional X11 gagal korup filenya kata mesin gw… hu-uh akhirnya karena gw ngantuk gw lanjutin proses installasinya keesokan harinya.

hari-2

Setelah melalui hari yang agak berat akhirnya balik jg gw kekosan saat itu jam menunjukkan pukul 16:03, dan gw berniat untuk memulai kembali proses instalasinya, ternyata eh ternyata mesin gw ngadat lagi…:( sampe terpaksa gw telanjangin trus gw bongkar trus gw bersihin trus gw rakit lagi dan akhirnya bisa jalan lagi meskipun jamnya masi suka ngaco… dan lansung aja vectorLinux gw coba lagi ke mesin gw… ………. ………. proses \ |/\|/\|……… ……….. dan akhirnya proses instalasi berjalan dengan mulus,,, ternyata setelah proses instalasinya masi minta konfigurasi yang bisa di bilang lumayan banyak juga, termasuk instalasi boot loader default slackware n turunannya yaitu LILO, namun installasi bootloader itu gw skip coz gw dah make grub n gw masi enjoy make tuh grub. setelah konfigurasi yang berbelit-belit itu gw masuk ke mesin gw via kuliax 6.0 yang udah lebih dahulu masuk dalam HD gw. dan gw masuk setelah itu gw edit grubnya dengan editor Vi

############begin########
root (hd0,7)
kernel /boot/vmlinuz
initrd /boot/initrd
boot
#######eof###############

setelah gw lakuin shift+zz gw reboot mesin gw. langsung gw coba untuk masuk ke vectorLinux setelah masuk ternyata ada konfigurasi firstbootnya basisnya masih ncurses, setelah melalui pintu receptionist itu gw akhirnya bisa masuk dengan tenang ke vectorLinux sumpah gw lumayan kagum waktu ngliat splashscreen-nya tapi setelah gw coba masuk baru krasa ngga secepat zenwalk-4.4.1 meskipun sama-sama pake xFce buat desktopnya, gw coba buka2 applikasinya tapi yha kaya gitu…hihihi… hampir sama dengan zenwalk-4.4.1 bedanya di sono ada gamenya, tapi vgacard gw lebih baik dikenali di zenwalk…

__eof__

Tinggalkan Balasan

