@ slackware Darkstar hmm…. @

@Darkstar hmm…@

Kembali lagi dengan linuxnya linux, malam minggu kmaren akhirnya karena keisengan gw hampir aja
darkstar gw install ulang lagi, tapi setelah berhasil recovery malah jadi ada hikmahnya.

[Case 1] : Mysql gw di darkstar gw ogah maen. hal tersebut terdapat pesan kesalahan …blah..blah
/var/mysql/mysql.sock 2. gitu kalo ga salah, setelah gw browsing-browsing ke milis-milis,
forum-forum, dan blog-blog akhirnya gw temuin juga solusi masalah gw, yaitu permasalahan gw ternyata
mysql gw ternyata masih virgin (lagi-lagi keperawanan menjadi permasalahan di Slackware hehe..) jadi
masih perlu dikasih beberapa perlakuan, yang pertama kita masuk ke root

prakasa@darkstar:/# su
password:

#kemudian kita mulai petualangan kita

prakasa@darkstar:/# mysql_install_db
[ada pesan….blah…blah…]

prakasa@darkstar:/# chown -R mysql:mysql /var/lib/mysql
[mengeset kepemilikan]

prakasa@darkstar:/# /usr/bin/mysqld_safe &
[menjalankan daemon mysql sebagai proses background]

prakasa@darkstar:/# mysqladmin -u root -p ‘password’
[mengeset user pada mysqladmin]

prakasa@darkstar:/# mysql -u root -p
password:
[masuk mysql]

[pesan lagi-lagi gw ga hafal heheh…]
mysql>

nah dari sini kita bisa ngeset nambahin apa ke user ato apa gitu…[mungkin di posting berikutnya]
:::::case 1 solved….

[case 2] iseng-iseng berhadiah.

Gw baca-baca di slackbook yang udah di translate ke bahasa Indonesia. gw dapet dari forumnya slackers
Indonesia di http://slackware.linux.or.id nah di buku tersebut terdapat berbagai tulisan tentang
konfigurasi dasar slackware, di bagian konfigurasi Xwindow gw tertarik sama yang namanya “xorgconfig”
walhasil karena penasaran dan keisengan gw dengan sedikit mempertimbangkan akibatnya, gw eksekusi
juga tuh aplikasi [tahap-tahapnya bisa di googling aja panjang brow ], kemudian seperti yang diduga
muncul pilihan-pilihan, yang menunjukkan konfigurasi xserver tentang mouse-lah, keyboard-lah, dan
akhirnya monitor, video card, dan segala sesuatunya. setelah selesai konfigurasi pertama trus gw
restart x windownya, trada…!!!
seperti yang udah diduga xserver gw tewas dengan sukses hahaha… stress gw ketik ‘startx’-lah,
‘startxfce4’-lah, yang biasanya mulus-mulus aja tapi sekarang ngadat gila.. setelah gw lihat lagi
permasalahannya video card gw ga kedetek jadi color depth ma resolusinya ga bisa tune, ternyata gw
salah, pas gw ulang yang entah keberapa kali, ternyata ada juga tuh video card. sekedar informasi
video card yang gw pake adalah produk dari Silicon Integrated System (SiS). jadi waktu milih video
card kemudian di tekan enter muncul pilihan berikutnya (catatan: kalo lagi ngonfigurasi jangan kalut
kalo gagal, bisa-bisa ga slese-slese), akhirnya bisa juga masuk ke Window Manager.
Setelah masuk satu yang gw agak kecewa resolusinya cuma nyampe 800*600 aja mungkin ada yang salah
lagi tapi gw belum minat buat konfig xorgnya lagi,ntar-ntar aja deh. tapi tampilannya sudah lebih
oke. garis-garis yang muncul di desktop akhirnya ngilang, rol di mouse bisa di pake, dan satu yang
surprise banget, ternyata ngasi solusi buat Xiine yang kemaren jadi masalah (ngelag pas di maenin),
kemudian gw teringat ma obrolan di Ym! sama pak yan masalah xine yang jalan di slackware, tapi
katanya belum sempat dia urus hehehe,,, beliau berpendapat perlu kompilasi ulang drivernya ternyata
itu ga perlu, yang penting settingannya mendekati pas aja. hehe sekarang xine gw jalan dengan baik.

3 case solved….[sekali perang 3 daerah ditaklukkan hehehe…]

Tinggalkan Balasan

