Pangkalpinang part1 ( Proposal)

3hari ngebut buat proposal PKL setelah gw menerima kenyataan bahwa pembimbing  gw diganti dari mr.yadi ke mr.iskandar yang menurut gw ibarat bumi dan langit, belum lagi bentrok dengan jadwal mingguan yang super duper sibuk minggu ini. yang masih bentrok dengan jadwal latihan buat mixmax, dan gw harus manggung di malam sebelum besoknya gw harus ke pangkal pinang. sementara sampe saat ini proposal belum slese juga, gw merasa cuma keajaiban yang bisa nolongin gw.^_^

Setelah gw tahu mengenai pergantian pembimbing itu gw langsung ngebut proposal yang sebelumnya 8 lembar menjadi 34 lembar [buseet], yang ga laen dan ga bukan tuh proposal masiv degan lampiran-lampiran yang gw sendiri sebenernya kurang paham coz cuma “copas” juga, tantangan kedua pembuatan proposal ini adalah proposal ini gw buat dengan openoffice yang sebenarnya gw kaga ngerti sama sekali sampai akhirnya bisa juga gw maen pake tuh aplikasi. Tantangan ketiga adalah sebuah pertanyaan yang klise sebenernya yaitu, kenapa proposal gw selalu baru keliatan salahnya pada saat setelah di print..huuuh.. oke sudahlah itu sedkit suka duka yang yang masih belum ada apa-apanya.

Pertemuan pertama dengan mr.dosen yang paling oke sedunia itu gw g nyangka banget kalo proposal 34 lembar gw ga bakal dia sentuh. dan langsung aja di balikin dengan catatan ULANGI LAGI!! (“weh apa-apaan ini…) tapi gw masih sabar. sebenernya kejadian ini awal dari karma gw karena dosa gw pada dosen tersebut mungkin [maapin saia yha pak!!!]. dan kerjaan tersebut pun langsung gw kebut ulang dikosan sampe malem banget, mata gw dah jereng dan gw sudahi dengan ngeprint. yang mengakhiri malam itu.

pertemuan kedua dengan dosen tersebut lebih mengesankan, pagi2 gw datang ke kampus dengan penuh percaya diri. sesampai di kampus tak lama menunggu dosen oke itu datang dan gw langsung nyamper dan apa yang terjadi. tulisan gw di komentarin abiss, mulai dari penuisan yang salah, pembuatan kalimat yang ga tepat, sampai dengan di corat-coret lagi proposal gw, dan akhirnya proposal gw di menthin untuk kedua kalinya, dan gw bikin janji untuk ketemu sore harinya di kampus untuk nglanjutin konsultasi proposal. gw balik dan langsung gw kerjain proposal itu, dan karma itupun di mulai.

Sebelumnya gw pengen bilang kalau berbulan-buan sebelumnya gw suka ngatain tuh dosen garing abiss, gara-garanya seiap kali do’i ngajar di kelas suka sekali melontarkan gurauan yang ga jelas, yang bikin gw serba salah mu ketawa tapi gag lucu, tapi kalo gag di ketawain gw ksihan coz bikin gurauan bermutu kan susah hehe.. walhasil gw julukin tuh dosen sebagai dosen paling garing, dan gw suka bilang sama anak bimbing skripsinya yang masih temen seagkatan gw “jangan ikut-ikutn dia biar ga ikutan garing” hehe..

Sore itu dengan asumsi sang dosen sealu berada di kampus sampai pukul 16.00 maka gw berangkat dari kosan sekita pukul 15.00 dengan perasaan yang sedikit ga enak.tempat yang gw tuju pertama kali adalah tempat ngeprint yang murah di sekitar kampus, sebenernya saat itu tempat print ga rame, cuma karena pelayannya cuma satu orang jadi agak ribet, jadinya gw ngabisin waktu sekitar sepuluh menit buat ngeprint doang, dan langsung gw meluncur menuju kampus, kondisi jalan babakan raya yang semakin hari semkin macet saja apalagi pas sore hari seperti waktu itu menyebabkan perjalanan gw terhambat sekitar 5-10 menit, sesampai di kampus motor gw pacu sekencang mungkin, maksudnya biar nyampe fakultas lebih cepat. tapi emang takdir sepertinya, di depan Gedung GWW motor gw mendadak mogok, setelah gw analisa dengan cepat ternyata motor gw kehabisan bahan bakar, otak gw langsung tertuju pada pangkalan ojek di belakang gedung itu dan berharap di sana ada yang jual bensin, setelah gw menuju tempat tersebut ternyata sang penjual bensin dinyatakan telah pindah dan gw disarankan untuk ke tempat tersebut yg katanya deket, tapi apa yang terjadi setelah konsultasi dengan tukang mie ayam yang ada di sekitar grawida ternyata lumayan juga jarak tempat yang harus gw tuju tadi. spontan gw putuskan untuk parkir motor di grawida karena terdesak waktu, maklum kalau ga ketemu hari ini gw berarti harus berurusan lebih lama dengan dosen itu dan ini hari aktif kampus yang terakhir, maklum weekend sehingga gw terancam batal berangkat (wheeey….). setelah selesai mengurus administrasi perparkiran, langsung gw lari sekuat tenaga menuju kampus fakultas kehutanan tercinta melalui fakultas pertanian karena dengan analisa navigasi darat manapun jalan tersebut adalah jalan terdekat menuju kampus gw. sesampai gerbang kampus, gw berinisiatif buat naliin tali sepatu yang sebenernya sudah terlepas dari tadi, kemudian apa yang terjadi..?? saat gw taliin sepatu gw, mobil dosen gw dengan santai belok di hadapan gw dan kemudian langsung meluncur, ya tepat sekali dia meluncur pulang.(dunia tertawa..hahahahaha) gila gw terpukul banget saat itu gw digaringin dosen yang selama ini gw angep garing.. maap mister,,, ampunnn.. gw desperate abiss.setelah itu gw lanjutkan ke KPAP jurusan gw alhamdulillah gw tertolong dengan TU yang paling baik sedunia gw dikasi dispensasi untuk penyerahan proposal PKL gw, disana gw juga minta nomor HP dosen tersebut, gw catet langsung di hape biar gag ilang.nyampe kosan dengan situasi yang sangat membingungkan gw smakin bingung, tololnya gw ga langsung gw hubungi no dosen gw itu, salah satu sebabnya adalah gw takut kalo-kalo gw disuruh dateng malem harinya padahal gw malem iu harus latihan band buat hari minggu.

perasaan gw bingung , linglung , putus asa, tapi gag tau knapa hati gw masi tenang banget,malemnya gw latihan Band dengan perasaan yang ga jelas konsen tapi ga konsen, seneng tapi ga seneng, enjoy tapi gag enjoy, perasaan gw ga tau kemana melayang-layang ga jelas. akhirnya dari pada terus terusan ga jelas seperti itu gw sms tuh dosen dengan kalimat yang sangat detail dan ga ada yang namanya singkatan, dan akhirnya gw kirim ke nomor yang tadi gw dapet dari KPAP entah kenapa tuh pesan pending gw pikir hp orang itu dimatiin, oke lah gpp. paginya gw sms kembali ke nomor yang sama dan masih pending juga, kemudian gw nannya ke anak bimbing skripsinya dan gw di kasi nomor yang benar, ternyata gw miss 1 nomor yag bikin sms gw pending, akhirnya smspun terkirim namun tk kunjung di balas juga. gw dah mulai bener-bener desperate, ya ada di otak gw saat itu adalah “GOOD BYE PANGKALPINANG” namun secercah harapan datang pukul 21.03 sebuah sms masuk ke HP yang isinya ” BESOK PAGI DI RUMAH PUKUL 07.00″, semangat gw pun tumbuh kembali, meskipun gw sadar gw ga tau dimana rumahnya, langsung gw smsin orang-orang sekitar dia dan walhasil semuanya gag tau nomor rumahnya gw cuma dapet nama perumahannya. ya udah gapapa, gw pikir gw beso paginya harus berangkat lebih pagi dari yang gw rencanain setelah gw print dan menyelesaikan beberapa urusan dan sebagainya gw tidur.

Akhirnya malam itupun gw tidur ga nyenyak tidur-bangun, tidur-bangun mlulu, sampe subuh dan akhirnya jam meunjukkan pukul 6.00 gw berencana langsung berangkat ke tempat dosen, ga tau kenapa tiba-tiba gw inisiatif buat meriksa ulang proposal gw, dan akhirnya gw temuin kejanggalan lagi di salah satu halaman, meskipun itu bukan satu-satunya kesalahan tapi yang satu ini fatal banget, langsung gw benerin untungnya ada rental yang udah buka pagi-pagi waktu itu. pikiran gw udah semakin bingung pasalnya hari itu gw ada cheksound juga pagi-pagi tapi blum tau jam berapa buat manggung minggu malamnya, gw pikir udah lah gw relain tuh checksound, yang penting gw bisa berangkat ke pangkalpinang esok harinya.gw pun langsung meluncur ke rumah si bapak, dan setelah 15 menit perjalanan ketemu jug perumahannya, gw langsung menuju ke tempat satpam buat nanya dimanakah gerangan rumah sang bapak, yang bener-bener ga gw sangka perumahan ini perumahan gede juga sehingga blokya banyak, asumsi gw bahwa si satpam punya database penghuni pun ga sepenuhnya benar, waktu terjadi dialog antara gw dan satpam, satpamnya malah banyak balik nannya ke gw, akhirnya setelah gw coba deskripsikan dengan ga begitu detail sang satpam ngasi rekomendasi blok yang diperkirakan tempat tinggal sang dosen. dan gw pun langsung meluncur ke rumah dosen itu. gw uter sekali di perumahan itu karena gw ragu gw nanya ke orang di sekitar situ dan ternyata benar di situlah tempat sang dosen itu tinggal.

Sesampainya di sana gw lihat jam 06:57,kemudian gw pencet bel di depan rumah itu karena pagarnya tertutup, dan yang kelur menyambut adalah sepasang cowok-cewek yang masih kecil yang belakangan gw tahu bahwa mereka adalah anak sang dosen. dan terjadilah dialog gw dengan dua bocah itu :
gw:”permisi dek, bapaknya ada”
bocahs:” bapaknya lagi jalan pagi”
gw:”biasanya baliknya kapan yaah?”
bocahs:”bentar lagi” [kemudian masuk dan bilang mbaaaaak!!]

ada seorang lagi keluar, kali ini cewe,,

gw:” maap mba bapaknya ada?”
cewe:”bapaknya lagi jalan pagi, mas sapa yaah?”
gw:” saia mahasiswa beliau, sudah bikin janji jam 7 pagi”
cewe:” oo,, silahkan masuk mas tunggu di sini saja”
gw pun duduk dan tak berapa lama minuman dan makanan pun keluar.. hehe.. dan sesi waiting pun dimulai.gw tunggu tuh dosen sekitar 15 menit, dan akhirnya dosen itupun menampakkan batang hidungnya namun apa yang terjadi??dosen malah ngobrol sama tetangganya, makan waktu selama sekitar 10 menit kemudian dia masuk ke rumah dan setelah sapa basa-basi, diapun mulai memeriksa proposal gw, proposal gw pun dibolak balik, “naah gini kan rapi” kata dia, gw cuma senyam- senyum ga jelas. “kamu berangkat kapan?” dia pun bertanya, “besok pagi pak, jam 06.00” gw jawab.

dosen: “sebenarnya saya belum puas tapi… ya sudah lah, mana yang harus saya tandatangani?”
gw: “ini pak”(engan perasaan sumringah,gw sodorin lembar pengesahan 2 lembar.)

dan dia pun mulai berceramah ngasih wejangan macem-macem berdurasi sekitar 5 menit,, gw iya-iya in aja coz suasana hati gw lagi seneng banget,,akhirnya gw pun pamit dan dia nannya satu lagi,,

dosen:”kamu tau rumah saya dari mana?”
gw:” nannya satpam pak”(gw males nyeritain seluruh perjuangan gw, ya semoga nannti dia baca catetan gw ini biar di tau hehe….)

ini akhir cerita prposal gw, hari minggu belum usai, ini semua mengawali petualangan gw,,,,yang jelas gw pulang dengan perasaan sumringah ngebut di jalan baru dengan penuh semangat,,,(dunia cerah sekali hari ini… bogor tak hujan hari ini… bogor ga macet hari ini… Cihuiii….)

Satu pemikiran pada “Pangkalpinang part1 ( Proposal)

Tinggalkan Balasan

