LAMP di google chrome, Studi kasus di BlankOn Linux

Beberapa waktu yang lalu gw melakukan migrasi Nebula (Box gw) dari Ubuntu lucid ke Blankon Ombilin, dikarenakan update terakhir dari lucid yang mengakibatkan ada sebuah aplikasi bernama beam.smp jadi lebih rakus dan mengakibatkan box gw sering mati tanpa sebab.

namun migrasi itu sempat menyisakan beberapa PR, salah satunya adalah bagaimana gw dapat menggunakan LAMP (Linux Apache Mysql PHP) di atasnya yang secara default terinstall google chrome. Seperti yang kita ketahui bersama (atau mungkin perasaan gw doang?) bahwa google chrome akan menjadi modus offline ketika kita tidak terkoneksi dengan jaringan, hal ini akan menjadi hambatan ketika kita harus mengakses http://localhost/ di komputer lokal yaitu kita akan selalu gagal mengaksesnya, disitulah salah satu kerepotan yang saya temui.

akhirnya setelah berfikir sejenak dan membolak balik isi otak, gw lakukan kegiatan akal-akalan, logika di atas membuat gw harus membohongi nebula, yaitu dengan cara membuat sebuah koneksi adhoc pada wifi gw, sehingga wifi bisa terkoneksi dengan jaringan itu sendiri.

dan benar saja ternyata si nebula berhasil ngibulin si google chrome, sehingga http;//localhost/ bisa di akses dengan baik pada chrome.

Tinggalkan Balasan

