LAMP di google chrome, Studi kasus di BlankOn Linux

Beberapa waktu yang lalu gw melakukan migrasi Nebula (Box gw) dari Ubuntu lucid ke Blankon Ombilin, dikarenakan update terakhir dari lucid yang mengakibatkan ada sebuah aplikasi bernama beam.smp jadi lebih rakus dan mengakibatkan box gw sering mati tanpa sebab.

namun migrasi itu sempat menyisakan beberapa PR, salah satunya adalah bagaimana gw dapat menggunakan LAMP (Linux Apache Mysql PHP) di atasnya yang secara default terinstall google chrome. Seperti yang kita ketahui bersama (atau mungkin perasaan gw doang?) bahwa google chrome akan menjadi modus offline ketika kita tidak terkoneksi dengan jaringan, hal ini akan menjadi hambatan ketika kita harus mengakses http://localhost/ di komputer lokal yaitu kita akan selalu gagal mengaksesnya, disitulah salah satu kerepotan yang saya temui.

akhirnya setelah berfikir sejenak dan membolak balik isi otak, gw lakukan kegiatan akal-akalan, logika di atas membuat gw harus membohongi nebula, yaitu dengan cara membuat sebuah koneksi adhoc pada wifi gw, sehingga wifi bisa terkoneksi dengan jaringan itu sendiri.

dan benar saja ternyata si nebula berhasil ngibulin si google chrome, sehingga http;//localhost/ bisa di akses dengan baik pada chrome.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s