mengganti alamat mac ethernet di blankon Linux

tidak ada yang istimewa pada artikel ini sebenarnya, hanya sekedar untuk ngingetin gw sendiri.

entah kenapa alamat mac gw di blok ketika gw mengakses wifi di sebuah instansi lembaga penelitian di bogor yang sering gw jadikan tempat nongkrong beberapa minggu belakangan. padahal gw sama sekali tidak melakukan aktifitas illegal (kecuali kalau tunelling dianggap illegal oleh administrator 😀 ), hal ini membuat gw kesuliatan mengaksees berbagai sumber di internet, tapi entah kenapa rasanya yang di blok cuma akses ke port 80.

tapi seperti yang gw bilang ga ada gunanya ngeblok kaya gitu, karena gw udah punya jamunya yang selalu gw simpan didalam hardisk kecil gw ;), benar gw nyimpen sebuah aplikasi mini yang mempermudah dalam prose penggantian mac address yaitu macchanger.

sebelum menggunakan tools tersebut sebenarnya ada sebuah cara yang dapat digunakan tanpa harus menggunakan tool tambahan yaitu menggunakan aplikasi bawaan “ifconfig”. Dengan ifconfig kita dapat melakukan penggantian alamat mac dengan mengetikkan :

$sudo -s
password: [masukkan password]
#ifconfig wlan0 hw ether [alamat mac address baru]

alamat mac biasanya saya tukar dengan alamat mac ethernet, dengan catatan alamat ethernet yang digunakan tidak diblok juga.

keistimewaan menggunakan macchanger adalah kemampuan merandom alamat mac, sehingga kita bisa selalu menggunakan alamat mac yang berlainan untuk mengakses suatu jaringan. contoh penggunaannya adalah ;

#ifconfig wlan0 down
#macchanger -r wlan0
#ifconfig wlan0 up

dan akhirnya saya bisa menulis catatan ini lagi 😀

Tinggalkan Balasan

