hacking apt-get update

Kemarin lusa gw memperkenalkan BlankOn kepada seorang kawan di kampus, setelah sehari dia mencoba untuk belajar secara mandiri esok harinya dia menanyakan bagaimana untuk menambah aplikasi pada distribusi linux tersebut, dan kami pun sepakat untuk bertemu di kampus.

Di kampus kami bertemu kemudian saya pandu beliau untuk melakukan instalasi aplikasi melalui manajemen paket synaptics. Namun yang terjadi adalah, semua update gagal, berkali-kali saya coba dengan mengganti lokasi mirror ke beberapa server. Dan hasilnya tetap nihil.

Entah kenapa kampus saya yang notabene adalah kampus pertanian terbesar di Indonesia tidak mengijinkan untuk melakukan apt-get update, namun ketika saya lakukan apt-get install dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut membuat saya menyimpulkan bahwa kegagalan yang terjadi adalah ketika apt melakukan sinkronisasi indeks.

Akhirnya saya mencari lokasi berkas indeks yang terdapat di laptop pribadi saya yang telah di update di lokasi lain, setelah melakukan beberapa pencarian akhirnya saya temukan lokasi berkas indeks di /var/lib/apt akhirnya direktori tersebut saya salin tempel ke laptop beliau, selain itu berkas di /etc/apt/source.list saya samakan dengan berkas saya, setelah semuanya selesai saya lakukan lagi reload melalui manajemen paket synaptics dan VOILA !! Updatenya dapat berjalan dg baik 😉

Ps :
Buat administrator di kampus gw : pliss deh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s