Frontlinesms, Sony Ericsson P990i, dan Linux Blankon

frontlinesms

frontlinesms

SE P990i

SE P990i

Frontline Sms merupakan aplikasi pengelola sms yang berbasis java, sebenarnya saya belum menemukan hal yang terlalu istimewa pada perangkat lunak ini yang membuat saya tertarik pada perangkat lunak ini adalah kebutuhan untuk integrasi dengan aplikasi manajemen kebencanaan ushahidi.

Pemasangan Frontline SMS

Kebutuhan Untuk menjalankan perangkat lunak ini adalah :

  1. Seperangkat komputer atau laptop yang telah terpasang sistem Linux/Macintosh/Windows dan JRE (Java Runtime Environment)

  2. Seperangkat modem sms atau telefon selular yang disupport yang telah berisi nomor / kartu perdana aktif

Langkah pemasangan yang dilakukan :

  1. Unduh perangkat lunak FrontlineSMS di http://www.frontlinesms.com/resources/download/

  2. Kemudian ekstrak FrontlineSMS pada direktori yang telah ditentukan

  3. Pada Sistem operasi Linux, ubah permission frontlinesms.sh agar dapat dieksekusi secara langsung dengan cara klik kanan pada file frontlinesms.sh pilih ‘properties’ kemudian pilih tab ‘permission’ selanjutnya berikan “checklist” pada pilihan ‘execute’

  4. Sedangkan pada windows dapat langsung dilakukan dengan mengeksekusi file yang telah di unduh.

Penggunaan FrontlineSMS

Untuk penggunaan FrontlineSMS terlebih dahulu pastikan bahwa perangkat komputer dan Modem SMS telah tersambung dengan baik.

Setelah instalasi yang dilakukan sukses, jalankan frontlinesms, pada pemilihan bahasa pilih bahasa inggris sebagai bahasa pengantar karena pada pilihan bahasa lain banyak ditemukan kelemahan yang akan menyebabkan kegagalan pada saat penggunaan. Setelah pemilihan bahasa kita akan disajikan layar utama yang terdiri dari ‘main menu’, ‘tab’ saat ini kita berada dalam tab ‘Home’ dalam tab ini terdapat layar log disebelah kanan, kemudian logo di kiri atas, dan layar untuk kirim SMS yang terdapat di sebelah kiri bawah.

Untuk memulai penggunaan FrontlineSMS pilih tab ‘Phone’ kemudian klik pada tombol autodetect. Proses deteksi modem ini pada umumnya akan memakan waktu sekitar 5 hingga 15 menit atau mungkin lebih. Pada tab ini terdapat 2 jendela yaitu jendela atas dan jendela bawah. Jendela atas adalah jendela yang akan menunjukkan perangkat modem yang sedang digunakan, sedangkan jendela bagian bawah digunakan untuk memantau proses pendeteksian perangkat. Perangkat yang telah terdeteksi di jendela bawah akan secara otomatis digunakan oleh frontlinesms dan dipindahkan ke jendela atas. Setelah status menunjukkan ‘connected’ dan perangkat terdeteksi telah berpindah di jendela atas berarti frontlinesms telah dapat digunakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s