Mengenal lebih dekat : Jayapura

Papua, sebuah pulau yang terletak paling barat Indonesia dengan topografi yang sangat unik berbukit serta dihuni oleh banyak suku asli, Papua terkenal dengan keindahan alamnya yang tidak terkalahkan masih banyak tempat yang belum tersentuh oleh tangan manusia. rasa penasaran meliputi perasaan saat pertama kali mendarat di bandara Sentani jayapura, setelah perjalanan selama kurang lebih 6 jam dengan singgah di bandara sultah Hassanudin Ujung Pandang. Sebelum mendarat saat akan memasuki bandara kita sudah disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari atas pesawat, perbukitan yang membentang, hamparan hutan kehijauan, dan ketika semakin mendekat ke Bandara akan terlihat hamparan danau Sentani yang terkenal itu.

Panas yang menyengat menyambut ketika mulai menjejakkan kaki di bumi Cenderawasih. ketika masuk di boarding bandara untuk mengambil barang mulai terlihat salah satu kebiasaan unik yang sudah lama tidak disaksikan, adalah masyarakat yang nginang, ini saya lihat terakhir ketika saya masih kecil karena itu adalah kebiasaan nenek saya. kebiasaan ini dilakukan konon untuk memperkuat gigi, pernah sekali saya mencoba pada saat masih kecil dan saya tidak tahan langsung saya muntahkan.

keluar dari bandara kita akan segera disuguhi bentangan gunung cycloops yang memiliki legenda uni, konon disana terdapat naga, dan beberapa orang mengaku pernah melihatnya. disini saya juga baru pertama kali mengetahui plat nomor kendaraan daerah Jayapura berawalan DS, entah kenapa setiap saya ke daerah baru plat nomor selalu menjadi incaran menarik mata untuk dilihat, mungkin karena selalu berbeda setiap daerah :). perjalanan dari sentani ke Jayapura ditempuh selama sekitar 40 menit menggunakan Mobil, jalanan yang sempit dan masih dalam masa perbaikan menjadikan jalanan ini akan macet apabila dilalui arus kendaraan seperti di Bogor ataupun di Jakarta, pemandangan sekitar masih saja menarik mata pada saat perjalanan, selain perluasan jalan pembangunan FO juga mewarnai perjalanan.

Kesan pertama datang sangat mengagumkan, kalian harus menyaksikannya sendiri

senja di danau sentani

 

festival danau Sentani

 

nonton pertandingan Persipura vs Semen Padang 🙂

 

Senja di pantai Base G

 

di Batas Kedaulatan Indonesia – Papua New Guniea

 

 

Iklan

6 pemikiran pada “Mengenal lebih dekat : Jayapura

  1. dear kaka 🙂

    waaaw dirimu dah menginjakkan kaki di bumi cenderawasih *so envy..*hihi..aq pengen bgt ksanan. ada yg bilang kalo antropolog blm pernah ke papua tu blum naek haji:p sehat2 ya ka…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s