Bahasa Nusantara

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari sumber informasi ke penerima informasi,informasi yang tidak lengkap dapat disebut kegagalan komunikasi. Oleh karena itu komunikasi merupakan faktor terpenting dalam proses sosial, berbagai proses dalam hubungan antar manusia dibutuhkan komunikasi untuk menjamin kelancaran arus informasi, sehingga hubungan antar manusia dapat terjalin dengan baik.

dalam komunikasi setidaknya terdapat 5 faktor penting sehingga komunikasi dapat terjalin dengan baik, yakni sumber informasi, saluran komunikasi, dan penerima informasi. Saluran informasi ialah merupakan faktor yang sangat penting dalam menjamin perjalanan informasi sampai ke penerima informasi. Salah satu perangkat dalam alur informasi yang berguna untuk menjamin kesesuaian informasi tersebut adalah bahasa.

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya, sebuah negara kepulauan yang terbentang di garis khatulistiwa, setiap pulaunya terpisahkan oleh bentangan laut dan topografi daratnya banyak yang bergunung-gunung. Kondisi tersebut salah satu yang membuat timbulnya banyaknya suku di bumi nusantara. setiap suku kebanyakan memiliki bahasanya masing – masing. untuk menjebatani itu semua dibuatlah bahasa Indonesia. Faktanya banyak masyarakat di daerah yang masih kesulitan menggunakan bahasa Indonesia, mereka merasa lebih nyaman menggunakan bahasa yang telah diperkenalkan kepada mereka sejak lahir yaitu bahasa daerahnya sendiri.

masalah lain yang timbul adalah, bagi kebanyakan orang yang lahir dan tumbuh di kota Metropolitan atau hidup berpindah-pindah dan telah dikenalkan bahasa Indonesia sejak lahir, mereka menjadi kehilangan bahasa asli mereka. Menyebabkan orang-orang tersebut kehilangan akar budaya mereka sendiri, dan akan berdampak pada hilangnya kearifan masyarakat dan musnahnya kebudayaan secara perlahan.

Dengan landasan bahwa budaya adalah kekayaan yang tak ternilai dimana bahasa masuk didalamnya, maka dua kondisi tersebut merupakan sebuah permasalahan kebudayaan di nusantara, keduanya harus difasilitasi dengan semaksimal mungkin untuk menjaga agar transformasi pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan setiap orang yang terpisah ruang yang sangat jauh dapat bekerja bersama -sama. Hal ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan bahasa di Nusantara.

Iklan

2 thoughts on “Bahasa Nusantara

  1. Om, napa ga digabung ke BlankOn aja proyek itu ya? Kemudian mungkin bisa dibuatkan infrastruktur supaya proses penerjemahan yg lebih mudah, kemarin setelah mencoba menerjemahkan bahasa Batak Toba kok kayaknya banyak entri yg duplikasi.

    • Wah kalau ke blankon mungkin nantinya bisa pak, ini masih dalam tahap POC,mau melihat minat kawan2 dulu untuk berkolaborasi nantinya kalau kawan2 d blankon tidak keberatan rencananya akan saya masukkan ke salah satu bagian projek, ini harapannya selain untuk mengumpulkan lagi bahasa nusantara juga untuk menarik minat kawan2 diluar aktivis TI untuk ikut berkolaborasi, untuk masalah duplikasi akan saya coba untuk memperbaikinya sebelum rilis mingguan 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s