BlankOn #7 Pattimura di Macbook 5.2 (versi 0.1)

Tulisan ini sengaja saya beri versi 0.1 untuk memberikan tanda bahwa tulisan ini mungkin masih akan mengalami perbaikan di kemudian hari.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan sebuah perangkat baru yakni Macbook white 5.2 meskipun barangnya setengah hancur, tapi lumayan lah masih bisa dipakai buat ngetik tulisan ini. setelah melalui perenungan yang mendalam akhirnya perangkat ini saya putuskan untuk menggantikan Nebula (Lenovo Y400 yang ga kalah hancur 😉 ), didalam perangkat ini bersemayam OS bawaan dan saya sematkan distribusi Linux Blankon #7 Pattimura.

Penyematan distribusi ini kedalam neo-Nebula ternyata bukan perkara yang mudah setelah berhasil menginstal sesuai dengan panduan yang banyak tersedia di Internet muncul beberapa permasalahan. yang pertama adalah kartu grafis VGA yang tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, meskipun patokan kesuksesan dalam hidup bukanlah kartu grafis VGA di laptop yang berjalan dengan mulus namun bagi saya terasa kurang lengkap apabila fasilitas yang tersedia tidak dapat termanfaatkan secara maksimal. BlankOn Pattimura membawa perangkat lunak pengendali kartu grafis yang tidak mengecewakan juga, meskipun animasi tidak berjalan namun resolusi maksimal dapat tercapai menggunakan pengendali kartu VGA yang telah disertakan.

Kartu grafis yang terdeteksi pada neo-Nebula adalah ‘Nvidia 9400G M’ perangkat pengendali yang disertakan dalam lumbung paket juga tidak dapat mengatasi permasalahan ini. akhirnya saya unduh secara mandiri di situs Nvidia dengan versi :

NVIDIA-Linux-x86-260.19.36.run
dan
NVIDIA-Linux-x86-280.13.run

kedua perangkat lunak pengendali tersebut di katakan dapat digunakan untuk mengendalikan kartu grafis di neo-Nebula, namun ternyata pada akhirnya hanya ‘NVIDIA-Linux-x86-280.13.run’ lah yang dapat melalui proses pemasangan. (panduan dapat dicari melalui google)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s