Membuat Personal Statement

Apa itu?
Personal statement atau surat pernyataan diri adalah sebuah surat yang memberikan gambaran mengenai pemikiran tentang ketertarikan kita pada sebuah studi atau pekerjaan . Surat ini biasanya diminta ketika kita hendak menjalani studi lanjutan atau melamar pekerjaan. melalui surat ini dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak kampus atau perusahaan untuk menilai gambaran diri kita. sehingga  tidak menutup kemungkinan suatu saat untuk melamar calon istri mengunakan surat semacam ini 🙂 jadi tidak ada salahnya kalau kita pelajari lebih lanjut mengenai surat pernyataan.

Menurut Prof. Hower dari Jurusan Bahasa Inggris, Cornell University dalam presentasinya menuliskan, surat pernyataan merupakan kesempatan kita untuk menarsiskan diri, membuat gambaran diri kita sepantas mungkin dan menjadi penting untuk masuk ke sebuah lembaga.

Apa yang ingin mereka tahu?

Gambaran karakter diri kita, bagaimana kita memberikan penilaian terhadap diri kita sendiri, disini diperlukan kejujuran dan kerendahan hati, misalnya kita tidak perlu menyatakan bahwa kita adalah orang yang pandai, namun gambarkan melalui surat yang kita buat.

Latar belakang pendidikan dan pengalaman pekerjaan, tidak perlu mengungkapkan latar belakang pendidikan terlalu jauh, cukup dengan latar belakang pendidikan terakhir yang kita tempuh ataupun pengalaman pekerjaan terakhir

Keberlanjutan, mereka ingin mendengar apa rencana jangka pendek kita terkait dengan studi atau pekerjaan yang kita inginkan dan rencana besar kita terhadap studi atau pekerjaan tersebut.

Komitmen dan Motivasi, daripada hanya sekedar mengatakan saya berkomitmen, carilah sebuah cara yang dapat menggambarkan bahwa kita sangat berkomitmen dan termotivasi terhadap tujuan kita.

Kemampuan berkomunikasi, mereka akan menilai kemampuan berkomunikasi kita melalui kemampuan menulis kita, kemampuan merangkai kata hal ini juga dapat memberikan gambaran atas diri dan tingkat intelejensia kita secara jelas

Apa yang harus kita lakukan ?

Luangkan waktu khusus untuk membuat surat pernyataan diri usahakan jangan lakukan disaat menit-menit terakhir, lakukan dengan santai sehingga kita dapat mengeksplorasi diri kita lebih dalam dan kita dapat melakukan tinjauan ulang sebelum kita nyatakan selesai.

Bayangkan pertanyaan yang akan keluar ketika tim penyeleksi membaca surat anda dan sediakan jawabannya sesuai dengan yang ditanyakan, jangan berlebihan dan jangan terlalu rendah diri hal ini akan menutup peluang kita. Beritahukan juga kelebihan kita dan prestasi yang pernah kita capai biarkan mereka tahu, jujur, tidak bersikap memelas, dan tidak berlebihan yakinlah ini penting.

Tulis surat pernyataan dengan jelas, padat, dan dapat dipertanggungjawabkan yakinkan bahwa kita tidak asal masuk saja untuk kepentingan – kepentingan yang dangkal, misalnya sekedar sekolah, atau sekedar mencari uang, namun tunjukkan bahwa kita benar-benar berminat masuk kedalamnya karena kita memang membutuhkannya, jangan mengulang-ulang pernyataan yang sudah ada didalamnya.

Jika kita melamar pada beberapa universitas atau perusahaan buat surat pernyataan yang berbeda, buat mereka merasa istimewa dan penting dimata kita, tidak harus berbeda setiap kata namun sesuaikan saja.

Semoga Sukses

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s