installasi manpages di Blankon Rote

Apalah arti linux tanpa manpage?

/Preface

Saya terbilang terlambat mencoba Linux BlankOn8 (Rote), sampai akhirnya saya memasangnya. kebiasaan melakukan administrasi linux melalui Command Linux Interface (CLI) ternyata susah dihilangkan, dan bagi saya CLI adalah sebuah penemuan spektakuler yang membuat semuanya terasa menjadi lebih mudah. tampilan baru BlankOn Rote ternyata belum terlalu menarik perhatian saya karena toh yang selalu saya cari ketika bermain main dengan linux adalah CLI.

setelah saya melakukan instalasi dan membuka CLI perhatian saya tertuju pada ketidaktersediaan manpages pada distribusi linux ini. manpages selama ini membantu saya dalam melakukan berbagai atraksi di mesin linux yang saya gunakan, manpages yang membuat saya selalu tidak memperdulikan apapun distribusi linux yang saya gunakan ternyata tidak terpasang dengan baik didalam distribusi kesayangan saya ini.

setelah sekitar 3 minggu pemasangan dan mencari kesana kemari tidak mendapatkan hasil yang berarti, akhirnya suatu tadi malam saya tanyakan ke kanal #blankon dan dijawab oleh salah seorang Heker yang menjadi manajer rilis BlankOn Rote yaitu heker aftian, instruksinya sangat simple ternyata, beliau menginstruksikan untuk melepas paket manpages kemudian membersihkan paket instalasinya, selanjutnya dilakukan instalasi ulang.

/core

Selanjutnya saya lakukan instruksi tersebut dengan pemahaman saya yang terbatas, sebagai berikut :

1. melepas paket manpages

clown@kuntilanak# apt-get remove manpages manpages-dev
clown@kuntilanak# apt-get clean

2. Membersihkan paket

clown@kuntilanak# manpath
clown@kuntilanak# rm /usr/shares/man/*

3. Pasang Kembali paket manpages

clown@kuntilanak# apt-get install manpages manpages-dev manpages-posix

/Penutup

setelah beberapa instruksi tersebut manpages di mesin BlankOn saya dapat digunakan kembali.

=====greetz====
@Aftian
#BlankOn
Segelas Kopi kapal api
Koneksi internet gratis
clown@kuntilanak

 

Tinggalkan Balasan

