Mengaktifkan Google Navigation di Android

Bagaimana mengaktifkan google navigation di Indonesia? hmm… sebelumnya mari kita bedakan antara fasilitas Get Direction pada Google maps dengan fasilitas Google navigation.

   get direction

google navigation

fasilitas get direction hanya akan memberikan kita rute dari lokasi asal yang kita tentukan menuju ke lokasi tujuan yang kita tentukan, sedangkan google navigation akan memandu kita melalui fasilitas gambar dan suara dari tempat kita berada menuju ke tujuan yang kita tentukan jadi aplikasi ini bisa digunakan dengan hanya menggunakan headset apabila kita menggunakan sepeda motor ataupun sepeda kayuh. singkatnya aplikasi ini bisa digunakan sebagai pengganti GPS seperti yg disematkan di Taxi-taxi jaman sekarang 🙂

Aplikasi ini sangat cerdas pernah suatu saat gw gunakan aplikasi ini sebagai pemandu ke suatu tempat Jakarta, karena suatu hal gw harus belok ke jalan yang bukan dia tunjukkan, dan akhirnya aplikasi ini ikut melakukan pengalihan rute sesuai dengan posisi gw saat itu.

Kenapa google Navigation?

Google Navigation Icon

Poin pertama adalah, google maps sudah tersemat di berbagai perangkat android saat ini dan google navigation adalah salah satu aplikasi ikutan pada Google maps, sayangnya secara bawaan sampai saat ini belum dapat digunakan di beberapa tempat seperti di Indonesia maka butuh perlakuan khusus, dan kegiatan seperti ini memberikan kepuasan tersendiri bagi buat gw.

Poin Kedua sebenarnya banyak aplikasi serupa yang ada di google play, tapi karena repotnya mekanisme pembelian yang harus menggunakan kartu kredit sedangkan gw bukan pengguna kartu kredit jadi gw repot buat beli aplikasi semacam ini, sedangkan untuk aplikasi versi gratis biasanya petanya sangat kurang lengkap ( apa gunanya navigasi tanpa peta? ).

Bagaimana mengaktifkannya?

navigation error

saat awal gw pilih icon Navigation gambar diatas lah yang akan gw temui, setelah searching ke belantara internet akhirnya gw menemukan orang-orang baik yang telah membuat Google Navigation bisa digunakan di semua negara termasuk Indonesia disini , unduh maps-6.14.1-mod.apk yang nantinya akan digunakan untuk menggantikan google maps bawaan perangkat kita.

sebelumnya pastikan perangkat android yang kalian gunakan support dengan penggunaan google maps dan GPS, akan sia-sia jika fitur tersebut tidak ada, kemudian pastikan perangkat kalian telah di root , bagi yang belum mengerti apa artinya di root bisa mencari artikel di google atau video di youtube, tapi singkat cerita jika perangkat kalian telah di root maka kalian dapat memanfaatkan sumberdaya pada perangkat kalian secara maksimal. nah itu yang akan kita lakukan, dan bagaimana cara melakukan rooting bisa kalian cari dengan Google.

Setelah gw root gw Uninstall Google Maps dari Android gw lalu gw install aplikasi root explorer, kemudian gw pindahkan maps-6.14.1-mod.apk ke direktori /system/app/ , setelah dipindah hapus /system/app/Maps.apk, kemudian rubah nama maps-6.14.1-mod.apk menjadi Maps.apk kemudian sentuh untuk diinstall ke perangkat Android. setelah semuanya selesai, coba jalankan Navigation dan kalian akan merasakan kebahagiaan yang sudah gw rasakan 🙂

Happy hacking 😉

 

8 thoughts on “Mengaktifkan Google Navigation di Android

Tinggalkan Balasan

