Monitoring EMR (Ecological Mangrove Restoration)

Setelah hari ini melakukan penerawangan terhadap manual EMR yang saya dapat dari website mangroveactionproject.org ada beberapa hal yang dapat gw garis bawahi dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi rehabilitasi ekosistem mangrove melalui metode ini. yang pertama adalah kualitas hasil monitoring dan evaluasi.

kualitas hasil monitoring dan evaluasi dibagi menjadi dua, yaitu dengan kualitas tinggi dan dengan kualitas rendah. hasil monitoring dan evaluasi dengan kualitas tinggi dilandaskan pada data kuantitatif data diukur secara akurat dengan tingkat kepercayaan yang terukur, sementara itu monitoring dan evaluasi metode EMR dengan kualitas rendah biasanya tidak melibatkan pengukuran secara langsung, pengukuran dilakukan melalui data kualitatif menurut pengamatan visual dan verbal tentu saja metode kedua ini lebih sulit diukur tingkat akurasi datanya.

kedua metode monitoring ini sudah tentu menghasilkan data dengan kualitas yang berbeda, data dengan pengukuran dengan tingkat akurasi tinggi akan sulit diintepretasikan apa bila dilanjutkan dengan pengukuran dengan metode kedua, begitupula sebaliknya data dengan kualitas rendah tidak akan cukup untuk menjadi data dasar pengukuran berikutnya apabila pengukuran berikutnya dengan metode pertama.

Pengukuran dengan metode pertama dilakukan untuk mendapatkan hasil dari karakter Biofisik secara lengkap biasanya dilakukan oleh  kalangan akademisi ataupun orang-orang yang telah terlatih dengan baik. sedangkan pengukuran dengan metode kedua biasanya dilakukan secara partisipatori atau bekerjasama dengan masyarakat ketika data disandingkan dapat digunakan untuk menilai keberhasilan keseluruhan program rehabilitasi ekosistem mangrove.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s