Cara Flash Iphone 4 menggunakan Opensuse 13.2

Setelah selama kurang lebih 6 bulan, Akhirnya uang saya terkumpul untuk memperbaiki iPhone 4 yang mati  dan belakangan saya akan tahu bahwa permasalahannya sebenarnya adalah karena baterai yang sudah usang. akhirnya setelah dilakukan penggantian baterai iPhone pun menyala, namun ada sebuah permasalahan baru saya lupa password iPhone tersebut. berarti mau tidak mau saya harus melakukan factory reset perangkat tersebut.

Menurut situs resmi apple ada setidaknya 3 cara untuk melakukan factory reset pada iPhone dan variannya yaitu melalui iCloud, menggunakan iTunes, dan yang terakhir datang ke service center Apple (iBox). karena perangkat saya tidak terdeteksi di iCloud, macBook ada di kantor, dan saya malas untuk pergi ke iBox, akhirnya saya putuskan untuk mencari jalur alternatif menggunakan mesin yang terpasang Opensuse di kamar kosan.

Akhirnya pencarian berujung pada libimobiledevices tutorial kompilasi saya adaptasi dari blog Sloopy linux notes    dia melakukan kompilasi diatas mesin debian tentunya dengan memecahkan neraka dependensi terlebih dahulu. setelah semua selesai kita masih harus mengatur akses perangkat usb dengan menambahkan udev rule pada /etc/udev/rules.d menggunakan berkas 90-usbpermission.rules dengan isi :

SUBSYSTEM==”usb”,GROUP=”users”,MODE=”0666″

supaya perangkat iPhone bisa diakses pada mode recovery dan DFU. berkas image ios untuk restore saya ambil dari http://ipsw.me  , kemudian saya la kukan restore dengan perintah :

$ idevicerestore –ecid 0000XXXXXXXXXXX -e ~/Downloads/iPhone3\,1_7.1.2_11D257_Restore.ipsw

dan setelah kurang lebih 20 menit iPhone saya kembali lagi bekerja dengan normal.

Happy Hacking 😉

 

Tinggalkan Balasan

