Akibat Ngelamun

Siang ini Otak saya sedang kaku mungkin akibat terpapar AC semalaman akibatnya entah kenapa saya kepikiran tentang sistem buatan. setelah ngelamun beberapa saat di wc dan untuk mengasah keliahaian jemari saya diatas papan ketik saya coba tuangkan dalam paragraf pendek berikut.

Suatu sistem buatan biasanya dibangun untuk menjadikan pekerjaan manusia lebih efisien, artinya semua hal yang terkait dengan pekerjaan berulang (rutin) dilakukan melalui tahapan – tahapan yang terukur untuk mendapatkan hasil (produk) yang optimal sesuai tujuan. Tahapan – tahapan yang diterapkan kedalam sebuah sistem biasanya telah melalui serangkaian proses penelitian sehingga pengguna bisa langsung menggunakan sistem yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perancangan sistem buatan yang disukai biasanya sesuai dengan kapasitas perilaku calon (komunitas) pengguna.Untuk sebuah rutin sederhana mungkin bisa diselesaikan dengan satu sistem saja, sedangkan perancangan suatu sistem buatan yang lebih kompleks biasanya dilakukan dengan memecah suatu rutin menjadi kelompok bagian yang lebih sederhana yang lebih mudah dipahami baru kemudian membuat sistem tersebut saling terhubung satu sama lain sesuai dengan permasalahan yang akan dipecahkan. Sistem yang mampu menyesuaikan diri dengan perilaku pengguna kemudian dikenal dengan sistem kecerdasan buatan.

Sebuah sistem  buatan yang cocok dengan perilaku komunitas penggunanya akan menghasilkan keluaran yang optimal. untuk penerapan suatu sistem buatan, peningkatan kapasitas pengguna terkadang diperlukan agar setiap individu dalam komunitas pengguna mampu memahami dan menjalankan sistem tersebut. Yang paling berbahaya dari penerapan sebuah sistem buatan adalah ketika pengguna tidak memiliki kepercayaan terhadap sistem yang telah dibangun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s