AADV [Ada Apa Dengan Vista???]

Windows Vista adalah langkah besar menuju kemunduran kebebasan anda.
Biasanya, software baru memberikan kebebasan untuk melakukan sesuatu yang lebih dengan komputer anda. Vista didisain untuk membatasi apa yang dapat anda lakukan.

Vista memaksakan bentuk baru dari DRM (Digital Rights Management). DRM ini lebih tepat disebut Digital Restrictions Management, karena dengan teknologi ini perusahaan besar mencoba untuk menekan kita semua, dengan cara mengontrol tentang bagaimana kita menggunakan komputer.

Berikut kutipan dari Bruce Scheier (Ahli keamanan teknologi)
“Windows Vista membawa kumpulan “feature” yang anda tidak inginkan. Feature ini akan membuat komputer anda kurang dapat dipercaya dan kurang aman. Mereka (feature) membuat komputer anda lebih tidak stabil dan berjalan lebih lambat. Mereka akan menyebabkan masalah dukungan teknis. Bahkan feature ini memaksa anda untuk mengupgrade perangkat hardware dan software yang telah ada. Teknologi DRM yang bersifat otoriter – dan anda tidak dapat menolak mereka.”

“Windows Vista includes an array of “features” that you don’t want. These features will make your computer less reliable and less secure. They’ll make your computer less stable and run slower. They will cause technical support problems. They may even require you to upgrade some of your peripheral hardware and existing software. And these features won’t do anything useful. In fact, they’re working against you. They’re digital rights management (DRM) features built into Vista at the behest of the entertainment industry – And you don’t get to refuse them.”

DRM memberikan kekuasaan kepada Microsoft dan perusahaan besar lainnya

  • Mereka menentukan mana program yang dapat dan tidak dapat anda gunakan didalam komputer anda.
  • Mereka menentukan “kelebihan” komputer atau software mana yang dapat anda gunakan dalam setiap kesempatan yang ada.
  • Mereka memaksa anda untuk menginstall program baru bahkan apabila anda tidak menginginkannya (dan tentu salahsatunya adalah kebebasan anda)
  • Mereka membatasi anda untuk mengakses program tertentu bahkan file data anda.

DRM memaksakan batasan teknologi. Anda mencoba melakukan sesuatu dan komputer anda mengatakan anda tidak dapat melakukan. Untuk membuat hal ini efektif, komputer anda secara terus menerus memonitor apa yang anda lakukan. Monitoring ini menggunakan tenaga dan memory komputer anda, dan ini adalah bagian besar dari alasan kenapa Microsoft memberitahukan anda untuk membeli hardware yang lebih baru dan lebih powerful untuk dapat menjalankan Vista. Mereka menginginkan anda untuk membeli hardware baru bukan karena anda membutuhkannya, tetapi karena komputer anda membutuhkannya untuk membatasi apa yang anda lakukan secara lebih efektif.

Microsoft dan perusahaan lainnya kadangkala menggunakan istilah pembatasan ini sebagai “Trusted Computing.” Dengan memberikan apa yang mereka disain ini makanya komputer anda berhenti mempercayain anda dan mulai mempercayai Microsoft, pembatasan ini lebih tepat disebut “Treacherous Computing” atau penghianatan yang dilakukan komputer terhadap anda 😛

Bahkan ketika anda membeli Vista secara legal, anda tetap tidak memilikinya.
Windows Vista, seperti versi windows sebelumnya Windows XP, Windows 98, dsb, adalah proprietary software, di sewakan kepada anda dengan ijin yang dengan keras membatasi bagaimana anda menggunakannya, dan tanpa source code, sehingga tidak seorangpun kecuali Microsoft yang dapat merubahnya atau memastikan apa yang sedang dilakukan Windows anda (red: hal ini sangat beresiko tinggi dengan keamanan data, terutama data-data penting perusahaan atau data pemerintahan).

Microsoft mengatakannya dengan jelas:
“Software ini di lisensikan, bukan dijual. Perjanjian ini hanya memberikan anda beberapa hak untuk menggunakan sofware ini. Microsoft yang memiliki hak lainnya. Kecuali hukum yang digunakan memberikan anda hak untuk melebihi batasan ini, anda hanya dapat menggunakan software ini sebagaimana dibenarkan didalam perjanjian ini. Dalam melakukan ini anda harus memenuhi semua batasan teknis yang diperbolehkan oleh software ini dan menggunakannya dengan cara tertentu.”

“The software is licensed, not sold. This agreement only gives you some rights to use the software. Microsoft reserves all other rights. Unless applicable law gives you more rights despite this limitation, you may use the software only as expressly permitted in this agreement. In doing so, you must comply with any technical limitations in the software that only allow you to use it in certain ways.”

Untuk lebih membingungkan anda, berbagai versi Vista memiliki berbagai batasan lisensi pula. Anda dapat membaca semua lisensi tersebut [disini]

Sangat memusingkan untuk membaca lisensi, dan ini yang menjadi alasan kenapa orang-orang tidak memperhatikan. Tetapi apabila kita tidak memulai memperhitungkan soal ini, kita akan kehilangan kebebasan yang sangat berharga. Berikut beberapa batasan menggelikan yang akan anda temui ketika anda membaca lisensi Vista tersebut:

  • Apabila Vista anda didapat pada saat anda membeli komputer baru, maka Vista tersebut hanya boleh digunakan secara legal didalam komputer tesebut, selamanya.
  • Apabila anda membeli Vista di toko komputer dan menginstallnya didalam komputer yang telah anda miliki, anda harus benar-benar menghapusnya sebelum dapat melakukan installasi lainnya.
  • Anda memberikan Microsoft hak, melalui program seperti Windows Defender, untuk menghapus program dari komputer anda apabila “dianggap” sebagai spyware (red: siapa yg dapat menentukan apakah itu spyware atau bukan? Microsoft ataukan anda?)
  • Anda mengijinkan untuk dimata-mati oleh Microsoft, melalui sistem “Windows Genuine Advantage”. Sistem ini mencoba untuk mengidentifikasi bagian yang dianggap Microsoft sebagai tidak legal. Sayang sekali, dari banyak pembahasan hal ini dikacaukan oleh lebih dari 500,000 kasus (red: kesalahan pengidentifikasian?)

Apa yang dapat anda lakukan untuk melindungi kebebasan anda.
Banyak pertentangan tentang bagaimana kita memberi nilai tentang kebebasan, dan perusahaan seperti Microsoft yang mengambil keuntungan dengan hilangnya kebebasan tersebut. DRM dan lisensi yang tidak masuk akal berada dibagian pertentangan ini. Software gratis seperti GNU/Linux atau beberapa keluarga BSD tidak membutuhkan anda untuk menyetujui perjanjian yang tidak masuk akal ini. Disebut software gratis karena anda gratis untuk membuat copy sebanyak yang anda mau, dan membagi-bagikannya kepada teman sebanyak yang anda mau. Tidak ada yang memonitor aksi anda atau salah mengidentifikasikan anda sebagai pencuri?

Catatan penerjemah:
Tulisan ini tidak ada maksud membatasi anda untuk menentukan sistem operasi yang menurut anda paling baik. Tulisan ini hanya mencoba memberikan anda kesempatan untuk melihat melalui sudut pandang dari Free Software Foundation yang tergabung didalam BadVista Campaign.

Diterjemahkan dari Badvista.org (badvista.fsf.org)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s