Bagaimana untuk mengetahui seekor sapi sedang lapar atau sudah kenyang?

Setahun trading gue belajar untuk menunggu sinyal, kemudian menunggu konfirmasi kemudian baru di eksekusi. Setelah eksekusi pun kita perlu pasang pengaman sampai semua berjalan sesuai arah sinyal. Pengaman dipasang di awal biar gue ga mikir lagi buat mengakhiri kalo ternyata setelah konfirmasi gerakan ga berjalan sesuai dengan rencana.

Mendefinisikan keberanian adalah ketika kita mengeksekusi setelah melihat konfirmasi dan memasang pengaman, spekulasi adalah ketika kita baru hanya melihat sinyal kemudian kita langsung mengeksekusi, gegabah adalah ketika ga ada sinyal kita maksa buat masuk.

Secara umum trading mencerminkan kehidupan secara keseluruhan. Manusia tidak didesain untuk mengatasi semua masalah, banyak hal yang diluar kuasa setiap individu. Dari alam sampai perasaan individu yang lain. Kita hanya perlu alat ukur atau indikator yaitu sebuah alat yg bisa kita gunakan untuk mengukur sebuah kejadian.

Output dari beberapa indikator yang saling berkorelasi bisa membentuk sebuah sinyal, sinyal – sinyal tersebut tentunya akan banyak sekali dan karena alat ukur ini adalah alat ukur statistik maka tidak selalu sinyal ini benar, oleh karena itu sinyal perlu diperkuat oleh sebuah konfirmasi. Setelah adanya konfirmasi gerakan sesuai dengan yg sinyal berikan baru rencana dapat dijalankan.

Jadi menurut gue kalo mau belajar apapun pelajari sifat dan indikator baru pelajari sinyal dan konfirmasi.